Senin, 30 Juli 2012

Keunggulan Melakukan Branding Produk

Melakukan branding terhadap produk Anda memang diperlukan usaha dan kerja keras. Memperkenalkan produk Anda untuk orang lain tidaklah mudah apalagi jika produk Anda masih baru.

Untuk itu Anda harus bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang kegunaan produk Anda. Sebelum melakukan branding Anda harus utamakan produk Anda, karena produk Andalah yang menentukan laku atau tidaknya produk Anda.

Satu hal yang dapat dilakukan untuk meraih kepercayaan konsumen adalah dengan mengembangkan janji merek (brand promise). Mengapa merek perlu menyatakan janji? Jawaban atas pertanyaan tersebut memungkinkan merek mengeksplorasi lebih dalam potensi-potensi tersembunyi. Tujuan mengembangkan brand promise adalah menciptakan keunggulan kompetitif.

Janji mengomunikasikan jaminan yang diekspresikan bahwa sesuatu akan terjadi dengan persepsi yang jelas terhadap keunggulan masa depan. Jika visi dan misi ditentukan berdasarkan sudut pandang perusahaan, maka janji menjelaskan manfaat fungsional dan emosional dilihat dari sudut pandang pelanggan. Brand promise bisa diwujudkan dalam bentuk susunan kata, yaitu tagline.

Untuk menjadi merek terdepan, atribut-atribut produk dan jasa saja tidak cukup. Diperlukan lebih dari itu. Brand promise memungkinkan merek menciptakan suatu nilai yang selalu dikenang. Suatu pengalaman positif yang muncul dalam ingatan konsumen. Pada akhirnya, pengalaman positif tersebut menciptakan loyalitas dan hubungan emosional yang kuat antara konsumen dan merek.

Yang pasti keunggulan yang Anda raih dalam melakukan branding adalah produk Anda yang pasti akan dikenal oleh banyak orang dan juga dan juga keuntungan yang pasti akan Anda dapatkan. Sebenarnya branding lebih mudah dilakukan secara online dibandingkan offline karena kini online menjadi salah satu peluang bisnis. Bagaimana cara branding via online? Anda perlu satu yang namanya twitter marketing. Inilah salah satu tempat branding online yang sangat powerfull

Tidak ada komentar:

Posting Komentar