Senin, 30 Juli 2012

Bahaya Boraks Bagi Kesehatan


Boraks merupakan senyawa kimia dengan nama natriurn tetraborat, berbentuk kristal lunak. Yang biasa digunakan untuk mengawetkan kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa. Boraks berbentuk kristal putih, tidak memiliki bau jika dihirup dan tidak larut.

Efek boraks yang di berikan pada makanan dapat memperbaiki struktur dan tekstur makanan seperti contoh pemakaian boraks pada bakso akan terasa kenyal dan tahan lama. Sedangkan efek boraks terhadap kesehatan dapast menyerang langsung sistem saraf pusat dan menimbulkan gejala keracunan seperti demam, mual, muntah, dare, kejang, iritasi kulit dan jaringan lemak, apatis, depresi, anuria, sianosis, hipotensi/tekanan darah menurun, kerusakan ginjal, bahkan bisa terjadi kematian jika sering mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks.

Pada dosis normal dibawah batas maksimal, efek negatif tolsisitas boraks pada manusia masih dapat ditoleransi seperti nafsu makan yang menurun, gangguan sistem pencernaan, gangguan pernafasan gangguan sistem saraf pusat ringan seperti halnya mudah bingung, anemia, serta kerontokan pada rambut.

Pada orang dewsa dapat menimbulkan kematian bila kadarnya mencapai 10-20 gram. Boraks sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, apalagi sifatnya toksifikasinya tidak seberapa berpengaruh dan terlihat di awal pemakaian konsumsi makanan, namun seiring dengan berjalannya waktu jika penggunaan boraks utnuk pengkonsumsi makanan ini di teruskan dan dibiasakan maka racun itu akan menumpul terus dan berdampak sangat buruk pada kesehatan manusia. Maka itu berhati-hatilah dalam memilih makanan yang kita konsumsi.

Makanan yang kita makan sangat berpengaruh sekali terhadap kesehatan, jika makanan sehat sering Anda konsumsi maka cara sehat sudah Anda terapkan didalam hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar