Rabu, 20 Juni 2012

Mana Yang Anda pilih? Digital Agency Vs Advertising Agency?


Perkembangan jaman telah membawa dampak yang cukup signifikan dalam dunia IT ( Informasi Teknologi) . Jika dulu bidang IT hanya dipandang sebelah mata oleh banyak orang, tidak dengan sekarang ini. IT sudah menjadi bagian tak tergantikan dari kehidupan manusia di dunia online. Mulai dari orang bangun tidur hingga tidur kembali, semua memanfaatkan teknologi IT.

Dengan munculnya kosakata baru “digital advertising” serta merta membawa perubahan pada perusahaan-perusahaan yang bermain dalam bidang periklanan. Jika awalnya kita mengenal advertising agency, yaitu kelompok atau perusahaan yang menawarkan jasa untuk membantu perusahaan lain dalam hal periklanan dengan membuat, merencanakan dan menangani konsep iklan produk dari perusahaan tersebut. Kini sudah mulai bermunculan “digital agency” sebagai evolusi dari advertising agency.

Digital agency adalah kelompok atau perusahaan yang menawarkan jasa untuk beriklan dengan memanfaatkan media internet seperti social media lainnya yaitu facebook, twitter, google (SEO dan Adwords). Jika advertising agency membuat banner di jalan-jalan dan iklan tv, dan digital agency mentransformasi banner dan iklan tersebut agar bisa dilihat orang melalui website atau secara online dimana hal ini dapat meningkatkan penjualan dan juga meningkatkan brand awerness web Anda di dunia internet.

Jelas terlihat bahwa ada perbedaan nyata antara advertising agency dengan digital agency Indonesia. Advertising agency menggunakan cara-cara tradisional sedangkan digital agency memanfaatkan IT yang telah berkembang pesat.

Hal lainnya yang menjadi perbedaan dasar adalah sikap dari audience dalam digital yang lebih terbuka untuk saling berbagi dan berkomunikasi. Sedangkan dalam cara tradisional lebih tertutup dalam menghasilkan sebuah ide dan berkomunikasi dengan audience nya.

Hal lainnya adalah budget yang digunakan oleh kedua agency ini. Advertising agency relatif menggunakan budget yang besar untuk mengiklankan klien dan di sisi lainnya digital advertising memiliki keunggulan dengan budget yang relative lebih kecil.

Inilah perbedaan yang cukup menonjol antara advertising agency dan digital agency. Jadi mulailah tentukan dari sekarang, karena jika bisnis online Anda tidak berjalan itu sama saja Anda bunuh diri terhadap masa depan Anda. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada saat ini.

1 komentar:

  1. berarti secara pengertian marketing menggunakan digital agency lebih baik daripada advertising agency. terima kasih gan sekarang ane tahu perbedaan keduannya.

    BalasHapus