Rabu, 18 Januari 2012

Dampak Radiasi Handphone Bagi Kesehatan

 Zaman makin canggih dengan semakin majunya teknologi. Hampir setiap orang memiliki telepon seluler alias ponsel, dan hingga kini penggunaan HP terus meningkat pesat. Pada masyarakat modern, HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer, ibarat makanan dan minuman. Namun tak banyak yang mengerti, ternyata penggunaan HP itu sendiri menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan terutama pada bagian otak Anda.

Dr. Eka Putra Setiawan, Sp.T.H.T dari bagian Divisi Otologi RS Sanglah, mengatakan bahwa telepon gengam diciptakan untuk memudahkan manusia berkomunikasi. Namun, kata lelaki kelahiran 15 Juni 1961 ini, banyak efek samping dari penggunaan handphone yang salah. Hal ini berkaitan dengan volume suara dan jarak dengar.

Semakin HP ditempelkan ke telinga, maka semakin melekat mengenai liang telinga. Efeknya semakin besar yang menyebabkan terjadi peningkatan bunyi atau resonansi,” ujar spesialis T.H.T. tamatan UGM Yogyakarta ini. Semakin lama menggunakan HP, kata Dokter Eka, maka semakin lama bunyi bising yang menyebabkan kelelahan otot. “Menggunakan HP hendaknya bergantian pada telinga kanan dan kiri. Sama halnya dengan olahraga berjalan atau lari. Semakin jauh akan terasa capek dan otot pegal. Ada masanya untuk istirahat bagi otot pendengaran,” ujarnya.

Ia menyarankan malam hari sebaiknya HP dimatikan. Jika tetap menyala, sebaiknya diletakkan di luar kamar tidur, agar gelombang elektromagnetik tidak menyerang organ otak manusia. Lapisi HP dengan aluminium agar memproteksi gelombang elektromagnetik. Efek samping yang ditimbulkan gelombang elektromagnetik Anda akan mengalami sulit tidur, pusing, telinga mendenging, dan daya tahan tubuh menurun.
Mungkin tanpa sadar Anda sudah terkena dampak dari radiasi tersebut, tetapi Anda abaikan atau tidak terlalu penting, tetapi sesudah Anda membaca artikel ini pahamilah bahwa hal ini sangat berbahaya bagi tubuh Anda sendiri.

Untuk membuktikan agar Anda sedikit percaya akan bahayanya radiasi handpone adalah:
  • 3 biji jagung da 4 hp. 
  •  3 biji jagung tersebut dikelilingi oleh 4 hp tersebut
  • Lalu Anda coba dari 4 hp tersebut Anda miscol, dan Anda tunggu beberapa menit jagung tersebut akan merasakan panas dan jadilah popcorn. Percaya atau tidak Anda bisa buktikan sendiri.
Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP:
  1. Kanker
  2. Tumor otak
  3. Alzheimer
  4. Parkinson
  5. Fatigue (terlalu capai)
  6. Sakit kepala
Bagaimana tanggapan Anda terhadap bahayanya radiasi handphone terhadap kesehatan? Salah satu yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara mengurangi efek radiasi handphone tersebut. Karena hal ini dapat mengurangi dampak bahayanya bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar